Minggu, 22 Mei 2011

Positioning dan Diferensiasi (Antara Janji dan Bukti)

Artikel sebelumnya, sudah saya jelaskan tentang pentingnya positioning dalam pemasaran. positioning itu apa se? positioning itu adalah usaha menciptakan sebuah identitas dalam pikiran sebuah pasar sasaran. terlalu rumit ya? ok, simpelnya, positioning dalam pemasaran adalah JANJI kita kepada konsumen kita.

So apakah cukup saja buat kita hanya ngumbar janji belaka?? akan percayakah pasangan kita, kalo kita cuma bercuap2 ria, "Dek cuma engkau seoranglah yang ada di hatiku"..tanpa kita berusaha untuk berbuat sesuatu yang menunjukan bahwa kita ini memang setia, BETUL-BETUL setia??....

Disinilah peran Diferensiasi bermain, nah pertanyaannya sekarang, apa se Diferensiasi itu? Memang secara pengertian, diferensiasi bisa berarti sebagai cara kita sebagai produsen untuk membedakan produk kita dengan pesaing kita, kata kuncinya disini: UNIK.  itu kalo orang jawa bilang: "saklek", secara simple, Diferensiasi itu hakikatnya 'bukti' dari 'janji' kita kepada konsumen kita, ya karena dalam positioning itu pun juga terkandung unsur-unsur unik juga. Lo kok bisa? pemahaman tentang konsep positioning dan diferensiasi ini di latar belakangi oleh situasi pasar saat ini.

seperti kita ketahui, bahwa saat ini, situasi pasar di dunia, pun di Indonesia, bersifat "explosion of choice"...ledakan pilihan!! coba kita perhatikan betul2, hampir di semua kategori/jenis produk pasti ada pesaingnya, kompetitornya. dari sepeda motor sampe makanan, dari perguruan tinggi sampe tukang pijat, itu ada semua pesaingnya.

Nah kalo dengan kondisi penuh persaingan ini kita tidak berjanji dan berusaha untuk tampil berbeda, different, unik, ya resikonya produk kita akan dianggap sebagai produk komoditas, standar-standar saja, gak ada yang spesial di dalamnya. kalo sudah dianggap komoditas, maka tidak ada loyalitas konsumen di sana, konsumen dengan mudah berganti produk tanpa ada penyesalan (nah lo, kalo sudah gini kan bisa berabe!!)...

So be Unique, Different!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar